Kembangkan Pelabuhan, Pemerintah Siapkan Rp206 T

JAKARTA – Pemerintah terus mempercepat pembangunan infrastruktur di Indonesia agar iklim investasi dapat terus tumbuh melebihi tahun-tahun sebelumnya. Tidak hanya jalur darat, jalur laut pun menjadi fokus pemerintah.

Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub) Bambang Susantono mengatakan, pemerintah telah mengalokasikan dana sekitar Rp206 triliun untuk memgembangkan pelabuhan-pelabuhan di Indonesia. Menurutnya, saat ini terdapat sekira 222 pelabuhan yang tersebar di kepualauan Indonesia.

“Kalau dilihat dari luas panjang pantai kita itu, masih terus kita lakukan pengembangan, pemerintah menyiapkan Rp206 triliun untuk mengembangkan 222 pelabuhan,” kata Bambang saat di acara Indonesia Investor Forum 3 di JCC, Jakarta, Selasa (21/1/2014).

Bambang menjelaskan, dalam percepatan pembangunan infrastruktur ini sudah masuk dalam rencana MP3EI, yang sebelumnya hanya terfokus di Pulau Jawa. Dia menambahkan, dengan adanya MP3EI ini, telah membawa perubahan terhadap investasi ke daerah Indonesia Timur.

“Sebagian kecil sudah diselesaikan pengembangannya, ini juga menunjukan statemen pak Hatta (Menko) bahwa investasi saat ini sudah bergerak ke Timur,” tambahnya.

Bambang melanjutkan, pengembangan pembangunan seluruh pelabuhan yang ada di Indonesia, lantaran banyak keluhan dari pelaku usaha yang mengeluhkan lambannya waktu tunggu di pelabuhan.

“Jadi dengan pengembangan ini agar dapat terintegrasi, 22 Januari Tanjung Priok sudah mulai menerapkan IT yang baru, lalu disusul Balawan, Surabaya dan Makasar,” tutupnya. (kie) (wdi)

Sumber: http://economy.okezone.com/read/2014/01/21/320/929373/kembangkan-pelabuhan-pemerintah-siapkan-rp206-t

Posted in Precast Concrete and tagged .